Cara Memakai Kain Ihram

by Arsyada Agent

Cara Memakai Kain Ihram – Bagi orang yang sedang menjalankan ibadah umroh maupun haji salah satu kewajibannya adalah menggunakan kain ihram. Karenanya kain atau pakaian ihram menjadi perlengkapan umroh yang wajib dibawa dan dikenakan. Kain ini cukup unik dalam cara memakainya, sehingga sering membuat para jamaah kebingungan.

Kain Ihram

Kain ihram untuk laki-laki sendiri terdiri dari dua lembar kain yang tidak mempunyai jahitan, kain ini digunakan untuk menutup aurat sebagian atas dan sebagian bawahnya. Sedangkan untuk perempuan harus menutup seluruh badannya terkecuali wajah dan telapak tangan.

Sunnahnya kain ihram berwarna putih, dan apabila telah mengenakan pakaian ihram maka ada beberapa larangan bagi jamaah umroh maupun haji. Para jamaah dilarang untuk bersetubuh, kasar, memotong rambut hingga membunuh hewan. Hal ini mempunyai makna agar kesucian ibadah haji atau umroh tetap terjaga dengan baik.

Kain ihram tentu mempunyai cara penggunaanya tersendiri, dan pastinya akan berbeda dengan pakaian pada umumnya. Untuk itu agar Anda tidak salah dalam memakainya, berikut cara memakai kain ihram dengan benar :

1. Cara Memakai Kain Ihram untuk Laki-laki

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa pakaian ihram untuk laki-laki terdiri dari 2 lembar kain. Satu kain untuk menutupi bagian pinggang hingga kaki, sedangkan satunya untuk diselempangkan dari bahu hingga bawah ketiak. Untuk lebih jelasnya berikut cara memakainya dengan benar :

Bagian Bawah :

  • Pertama-tama, ambil salah satu kain untuk menutupi bagian bawah.
  • Gunakan kain ini untuk menutupi bagian atas pusar hingga dibawah lutut.
  • Lipatlah seperti Anda menggunakan sarung, cukup mudah bukan.
  • Pastikan dan perhatikan baik-baik apakah kain sudah terlipat sempurna, jangan sampai ketika duduk atau jongkok aurat kita terlihat.
  • Pastikan Anda nyaman memakainya, jangan sampi ikatan terlalu kencang sehingga menyulitkan ketika berjalan.

Bagian Atas :

  • Gunakan kain satunya untuk menutupi bagian pundak kanan dan kiri dengan cara diselempangkan.
  • Akan tetapi ketika melakukan tawaf, biarkan bagian pundak kanan terbuka dan lipatan satunya diturunkan di bawah ketiak sebelah kanan.
  • Supaya tidak mudah terlepas kaitkan ujung satu sisinya ke ujung lainnya.
  • Setelah menyelesaikan tawaf, kain ihram kembali digunakan untuk menutupi semua badan seperti semula.

Selain itu perlu diperhatikan beberapa hal berikut ketika menggunakan kain ihram. Pertama kain tidak boleh melewati batas mata kaki, tidak boleh kotor. Ketika menggunakan kain ihram juga tidak perlu menggunakan pakaian dalam maupun aksesoris lainnya.

Cara Memakai Kain Ihram

2. Cara Memakai Kain Ihram untuk Perempuan

Pakaian ihram bagi perempuan ternyata lebih simpel dan mudah untuk digunakan. Hal yang terpenting disini adalah pastikan kain ini menutupi seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Pakaian ihram untuk perempuan juga tidak diperbolehkan ada jahitan, berikut adalah cara memakainya dengan benar :

Bagian Bawah :

  • Kain bagian bawah haruslah panjangnya mencapai tumit.
  • Pastikan juga harus memakai kaos kaki.
  • Sepatu yang digunakan juga tidak boleh memiliki tumit atau heel dan terbuat dari bahan karet.

Bagian Atas :

  • Lengan baju panjangnya haruslah mencapai pergelangan tangan.
  • Pastikan kerudung yang digunakan panjangnya juga harus melebihi bagian dada.

Untuk perempuan, pakaian ihram yang digunakan memanglah lebih mudah. Penggunaannya sama seperti memakai mukena ketika akan solat.

3. Cara Memakai Kain Ihram untuk Anak-anak

Untuk anak-anak, penggunaan pakaian ihram sama seperti cara di atas. Pastikan orang tua memakaikan pakaian ihram anak-anak dengan nyaman dan tidak mudah lepas, umumnya anak-anak akan lebih banyak bergerak.

Demikian cara menggunakan kain ihram untuk laki-laki, perempuan hingga anak-anak. Ada hal yang harus diperhatikan disini bahwa ketika akan menggunakan kain ihram pastikan Anda sudah mandi dan berwudhu lebih dulu. Setelah itu dilanjutkan dengan mengucapkan niat.

Spread the love
0 comment

You may also like

Leave a Comment